Senin, 16 April 2018

MENCARI JEJAK AIR TERJUN YANG HILANG





Desa Sarikemuning kecamatan Senduro, sebenarnya memiliki air terjun yang sangat elok, namun tersembunyi di tengah hutan dan dibawah jurang yang terjal.

Air terjun ini pada awal tahun 1990-an pernah ramai didatangi pengunjung. Pengunjung tidak hanya berasal dari warga Kabupaten Lumajang. Tapi juga ada yang berasal dari Probolinggo dan Jember, bahkan dari Surabaya.

Namun diakhir tahun 1990-an, tidak ada lagi pengunjung yang datang. Bisa jadi karena medan yang sangat ekstrim, atau jalannya rusak. Bahkan sekarang, karena tidak pernah dilalui orang lagi, jalan setapak yang menuju ke air terjun itu telah hilang tertutup semak belukar.

Air terjun ini terletak disungai yang menjadi perbatasan antara  Desa Sarikemuning dan Desa Pandansari Kecamatan Senduro, dengan Desa Bodang Kecamatan Padang. Di lokasi ini ada empat air terjun yang berasal dari tiga aliran sungai. Satu sungai mengalami dua kali terjun. Atau menjadi dua air terjun.

Untuk menghidupkan dan mengembangkan potensi air terjun di Desa Sarikemuning, telah dilaksanakan kerja bhakti pada Ahad, 15/4/2018. Kerja bhakti untuk menemukan dan membuka kembali jalan menuju air terjun.  Kerja bhakti melibatkan kades, staf, kasun, BPD, dan BUMDes Desa Sarikemuning.
Yang selanjutnya akan melibatkan lebih banyak peserta baik PKK, karang taruna, RT/RW dan semua warga peduli pengembangan wisata air terjun.

Semoga air terjun yang sementara belum punya nama ini, bisa segera menjadi alternatif tempat wisata yang menyegarkan fisik dan pikiran. Bisa memberikan manfaat bagi warga desa dan masyarakat Lumajang pada umumnya.

Agung Wahyuono

1 komentar:

  1. terimakasih, kunjungi website kami yaaa ^^
    http://mitoha-goldengamat.com/
    http://fauziaherbal.com/obat-herbal-kolesterol/
    http://fauziaherbal.com/obat-herbal-radang-sendi-lutut/

    BalasHapus