Jumat, 20 April 2018

TANAH PERTANIAN KITA SEKARANG INI MENDERITA


Hasil uji lab terhadap tanah pertanian di Kabupaten Lumajang,  unsur haranya paling tinggi 2,5%. Padahal idealnya,  pada tanah yang subur,  kandungan unsur hara dalam tanah antara 3,5 - 5%. Hal tersebut disampaikan oleh Siswanto,  S.Pt,  PPL Peternakan Kec.  Senduro pada Rembug Tani Desa Sarikemuning Kec.  Senduro, Kamis, 19/4/2018.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa kondisi ini sangat rawan.  Tanaman sekarang seperti orang yang sakit sesak nafas.  Tidak bisa bernafas dengan baik. Sehingga hasil produksi pertanian menjadi tidak optimal. Langkah antisipasi terbaik adalah dengan menambahkan pupuk kandang ke lahan pertanian. Pupuk kandang ini sangat unik.  Jika ditambahkan pada tanah lempung, akan menjadikan tanah menjadi gembur.  Jika ditambahkan pada tanah berpasir,  akan menjadikan tanah menjadi lebih baik dalam mengikat air.

Rembug Tani kali ini dihadiri oleh : Kades (Nawi),  Penyuluh Peternakan (Siswanto,  S. Pt), BPS senduro (Fakhrudin Nur),  dinas PUTR (Sukaeri),  Babinsa (Anwar  Sanusi), PPL pertanian (Wiwin),  Pengurus HIPPA,  pengurus kelompok tani,  kepala dusun, petani dan peternak di Desa Sarikemuning.

Informasi lain yang disampaikan dalam forum rembug tani ini diantaranya:
> Kambing warna putih,  yang biasa disebut kambing etawa,  sekarang sudah berubah nama menjadi *KAMBING SENDURO*. Karena saat ini sudah tidak ada kambing Etawa. Penetapan nama kambing *senduro* berdasarkan SK menteri pertanian No 1055  Tahun 2014.

> Beberapa program bidang peternakan diantaranya adalah program UPSUS SIWAB ( Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting). Program ini merupakan bantuan untuk peternak sapi betina dalam melaksanakan kegiatan kawin suntik/inseminasi buatan ( IB ). Biaya ib ini yang sebelum ada program upsus siwab sebesar Rp 50.000 - Rp. 60.000, saat ini biayanya gratis.
Selain itu, ada kegiatan asuransi untuk ternak sapi yang biayanya juga disubsidi oleh pemerintah.
Jika ada sapi dan kambing yang birahi atau minta kawin,  laporannya ke petugas inseminasi buatan.  Petugas akan  mendatangi sapi atau kambing yang birahi.  Setelah disuntik/di inseminasi, maka dua bulan berikutnya, khusus untuk sapi akan dicek kebuntingannya.  Jika belum bunting,  maka akan ada penanganan terhadap kesehatan reproduksi hewan. Dan setelah penanganan, jika sudah birahi maka akan di IB lagi sehingga akan  menghasilkan kebuntingan.

> Paparan dari petugas PUTR menginhatkan agar menjaga kelestarian sumber mata air.  Dengan cara merawat tumbuhan disekitar sumber mata air,  dan tidak menebang keseluruhan tanaman. Dan tidak menanam pohon didekat saluran air yang dapat menyebabkan saluran air menyempit atau bahkan tersumbat.
> Penyuluh pertanian,  menginformasikan bahwa Durian Kembang,  durian yang berasal dari Desa Gucialit menyabet Juara 1 pada kontes durian yang diadakan oleh dinas pertanian Tingkat kabupaten Lumajang pada tanggal 7 - 8 april 2018. Durian ini punya ciri khas,  yaitu ditengah-tengah atau didalam buah duriannya, ada seperti pentil durian.
Rembug tani diakhiri dengan tanya jawab antara hadirin dengan para narasumber.

Oleh Endang Rumiyati

0 komentar:

Posting Komentar